Eloknya Tenun Nusa Tenggara pada Koleksi Busana Pria

0
1447
busana pria yang terinspirasi dari keindahan alam, budaya, tenun, dan adat istiadat Labuan Bajo

Jakarta-Eloknya tenun tradisional daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) serta keindahan Labuan Bajo, menjadi inspirasi kuat bagi desainer-desainer APPMI di perhelatan Indonesia Fashion Week (IFW) 2108 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 28 Maret-1 April 2018. Di hari ketiga IFW 2018 yang digelar pada Jumat (30/3), sejumlah desainer menggelar koleksi busana pria pada show bertema The Heritage of Ancient Komodo.

Sekitar 20-an set busana pria yang terinspirasi dari keindahan alam, budaya, tenun, dan adat istiadat Labuan Bajo, dipersembahkan oleh Ai Syarif melalui labelnya, Ai Syarif 1965. Ia memadukan sedikit unsur gaya busana Tibet dalam siluet koleksi, menghasilkan tampilan setelan semi formal yang fitted, minimalis, dengan kain tenun Manggarai sebagai aksen maupun corak utama tampilan. Melalui koleksi yang menggunakan bahan tenun Manggarai, linen, katun, dan wool, Ai Syarif ingin menunjukkan bahwa budaya asli Labuan Bajo bisa diaplikasikan menjadi busana modern.

Perancang dan konsultan desain Sonny Muchlison membuat koleksi busana pria dengan material yang merupakan perpaduan bahan tenun, tenun ikat NTT dari Sumba, Maumere, Manggarai, Flores, dan Langsa Timor. Sonny Muchlison mengangkat tema Cosmonic atau Cosmopolitan Etnic. Terinspirasi dari lanskap alam Labuan Bajo yang indah dan berwarna, Sonny juga memadukan wastra dari Indonesia Timur tersebut dengan aneka tenun dari daerah lainnya, seperti tenun gedog, linen, tenun kombinasi ikat, songket benang linen, dan katun twill don. Kain etnik yang diolah dengan tampilan gaya pria kosmopolitan dilengkapi pula dengan aksesoris kayu-kayuan.

Koleksi busana pria dengan gaya yang berbeda ditunjukkan oleh Dana melalui labelnya Priya by Dana. Busana berpotongan slouchy, relaxed fit, casual, dan lounge menjadi karakter Dana yang kali ini menggunakan bahan tenun NTT dengan kombinasi warna-warni yang sangat harmonis. Desain celana bergaya slouchy dan relaxed seperti jodhpur dan dropwaist menjadi salah satu elemen kuatnya. Dana dengan sempurna menangkap gaya resort atau leisure yang menjadi daya tarik Labuan Bajo.(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.