“INDONESIA FASHION WEEK 2016 SEBAGAI BUKTI ASOSIASI PERANCANG TETAP EKSIS DAN TERUS BERKARYA UNTUK INDONESIA” PENGUSAHA MODE INDONESIA

3
3301

Press Release APPMI

Jakarta, 9 Desember 2015

“INDONESIA FASHION WEEK 2016 SEBAGAI BUKTI ASOSIASI PERANCANG

Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), yang telah berdiri sejak tanggal 20 Juli 1993, merupakan wadah bagi para perancang dan pengusaha mode yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk mengembangkan industri tata busana (fashion), serta mempromosikan acara fashion Indonesia ke skala internasional. Perkumpulan ini telah memiliki anggota dan kepengurusan di beberapa daerah, serta induk penyelenggara pagelaran busana Indonesia Fashion Week sejak tahun 2012.

Beberapa minggu yang lalu, diberitakan pengunduran diri Saudara Ali Charisma dari jabatannya sebagai Ketua Umum APPMI Periode 2015 – 2020, sehingga timbulnya spekulasi bahwa telah terjadi kisruh dalam internal APPMI di tingkat pusat, bahkan terdapat anggapan bahwa asosiasi tersebut telah bubar. Selain itu, tidak sedikit pihak yang mempertanyakan apakah Indonesia Fashion Week 2016 akan tetap berjalan atau tidak.

IMG_9109

Sehubungan dengan penyelenggaraan Indonesia Fashion Week 2016, Pengurus Pusat Sementara APPMI secara nyata sedang berkonsentrasi untuk menyiapkan salah satu pagelaran terbesar dalam dunia fashion Indonesia yang akan berlangsung pada bulan Maret 2016 di Jakarta Convention Center. Demi kelancaran penyelenggaraan tersebut, perlu diketahui bahwa perjanjian APPMI dengan PT. Kerabat Dyan Utama (“PT. Radyatama”) tetap berlangsung meskipun terjadi pengunduran diri Ali Charisma dan jajaran pengurus pusat lainnya.

IMG_9176

Hal ini dikarenakan dalam penyelenggaraan Indonesia Fashion Week, pihak PT. Radyatama bekerja sama dengan APPMI sebagai suatu organisasi bukan dengan individu-individu anggota atau mantan anggota APPMI. Pengurus Pusat Sementara APPMI sendiri sudah menyiapkan tim kepanitiaan untuk pagelaran tersebut. Kami berharap pagelaran Indonesia Fashion Week 2016 akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pengurus Pusat Sementara meminta dukungan dan doa restu dari teman-teman anggota dan Badan Pengurus Daerah APPMI seluruh Indonesia, pemerintah, serta masyarakat Indonesia untuk kemajuan industri fashion Indonesia erkait dengan isu kekisruhan di dalam APPMI, Pengurus Pusat APPMI menegaskan bahwa tidak ada kekisruhan dalam internal APPMI apalagi niat untuk membubarkan asosiasi yang telah dididirikan sejak tahun 1993. APPMI tingkat pusat sendiri untuk sementara telah memiliki kepengurusan baru yang terdiri dari:

a) POPPY DHARSONO sebagai Ketua Umum

b) ANNE RUFAEDAH sebagai Ketua Harian

c) NIETA HANDAYANI sebagai Sekretaris Umum; dan

d) JEANNY ANG sebagai Bendahara Umum.

Jajaran kepengurusan tingkat pusat di atas telah mendapat dukungan dari sebagian besar Badan Pengurus Daerah, dan berlaku hingga berlangsungnya Musyawarah Nasional atau Musyawarah Nasional Luar Biasa pada tahun 2016. Dengan demikian, asosiasi ini tetap eksis dan dapat menjalankan fungsinya menurut visi dan misi APPMI yang terdapat di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

_MG_3976

Pengurus Pusat Sementara APPMI meminta teman-teman perancang serta pengusaha perancang di daerah untuk tetap bersatu (tidak termakan isu-isu yang disampaikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab) demi keutuhan APPMI dan kemajuan industri fashion di Indonesia. Keputusan Saudara Ali Charisma dkk. untuk mengundurkan diri dari kepengurusan pusat APPMI merupakan keputusan Beliau sendiri, dan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Pengurus Pusat Sementara APPMI menghargai keputusan Beliau, dan mendoakan kesuksesan Beliau.

Namun pengunduran diri Ali Charisma dan jajaran Pengurus Pusat tidak serta merta menghilangkan tanggung jawab para mantan pengurus. Pengurus Pusat Sementara, Para Pendiri, anggota Pengurus Pusat, dan anggota Pengurus Daerah meminta pertanggungjawaban keuangan penyelenggaran Indonesia Fashion Week, pengembalian aset-aset milik APPMI, baik aset bergerak maupun tidak bergerak, kepada Pengurus Pusat Sementara dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Pengurus Pusat Sementara akan tetap memberikan dukungan moril dan sponsorship kepada teman-teman Badan Pengurus Daerah jika mengadakan suatu acara di daerahnya masing-masing.

Bersama ini juga, kami memberikan peringatan keras kepada oknum-oknum yang telah mengadu domba sesama anggota APPMI, memutarbalikan fakta, menyebarkan fitnah dan / atau melakukan pencemaran nama baik terhadap APPMI! Jika ditemukan adanya hal-hal tersebut di atas di kemudian hari, kami tidak akan segan-segan mengambil langkah hukum untuk menyelesaikan sengketa terhadap oknum tersebut.

Akhir kata, kami selaku Pengurus Pusat Sementara APPMI menyatakan bahwa APPMI akan tetap solid dan terus berkarya memajukan industri Fashion Indonesia di tanah air dan luar negeri!

Salam APPMI!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here